Jumat, 20 Februari 2015

Review: disposable diapers

Assalamu'alaikum,

Sejak lahir sampe sekarang Alif udah nyobain banyak banget diapers, hampir semua merk udah dicoba. Maklum ya ibu-ibu selalu mencari yang termurah dari yang termurah.. wkwkwk. Padahal dulu rencananya pengen pake cloth diaper biar hemat gitu, tapi pak suami gak setuju. Eh sekarang baru deh kerasa duit abis buat dispo, hakhak. Jadi inilah beberapa dispo diapers yang pernah dicobain Alif.

Baca juga: Review Disposable Diapers Part 2


1. Merries tape (bungkus putih)

Dispo ini dipake sejak alif lahir, gara-gara liat review di fd n TUM banyak yang rekomendasiin si merries ini. Harganya paling mahal dari merk komersil laen di supermarket. Dulu masih idealis kan yaa, mahal pun tak masalah. Haha.

Performanya oke, gak pernah bocor dipake berapa lama pun dan bahannya lembut banget, gak bikin rash di alif. Meskipun ukuran newborn masih kegedean buat alif, padahal alif termasuk bayi gede lho, 3.6 kg, tapi merries ini elastis banget ngikutin bentuk badan jadi gak terlalu keliatan bulky. Ada indikatornya juga kalo udah penuh, penyebaran pee.nyaa juga rata, apalagi buat baby boy kan ya, biasanya cuma ngumpul di satu tempat doank.

Minusnya ya itu mihil, mana dulu dalam semalem alif bisa ganti dispo sampe 5x karena dikit2 pup. Haha. Tapi emang cocok buat newborn yang kulitnya masih sensitif.


2. Mamy poko extra dry tape (bungkus biru)

Beli ini karena ketepu promo baby shop, katanya harganya cuma 60rb apa berapa gitu untuk kemasan yang gede isi banyak. Ternyata di bawah spanduk promo itu ada binntang kejoranya kecil, dengan tulisan khusus member. Huaahh. Ya udah suami dah kadung masuk akhirnya beli deh yang ukuran kecil.

Performanya oke, makeinnya enak, set set langsung rapi jali. Kan ada tuh dispo yang harus diadjust berkali-kali karena gak rapi n pas di badan bayi. Kalo mampok sekali pake langsung rapi dan gak geser-geser deh.

tapiii, mampok ini bulky banget, kakinya alif jadi rada ngangkang gitu. Dan kayaknya alif juga jadi gak nyaman buat gerak. Meskipun gak bikin rash di alif, tapi pantatnya alif jadi garis-garis berbekas gitu kalo abis pake mampok ini.


3. Pampers ekonomis tape

Gara-gara direkomendasiin sama kakak ipar buat pake pampers. Katanya pampers yang ukurannya paling slim buat newborn diantara dispo yang laen.

Pas ke supermarket gak ada pampers yang premium (sory ya saya gak begitu ngeh sama tipe-tipe pampers hehe) jadi ambil deh pampers ekonomis ukuran s.

Murah banget waktu itu cuma 12 apa 14 ribu gitu satu bungkus isi 10 kalo gak salah. Tapi begitu dibuka, Wow, bahannya super jelek. Bener-bener plastik abis.

Emang bener ukurannya kecil, padahal itu ukuran S lho tapi lebih slim dari dispo newborn merk laen. Beberapa kali pake, alif langsung menunjukkan gejala mau rash. Selengkinya merah-merah kaya lecet gitu. Eeh tapi biar bahannya jelek blablabla, performanya lumayan oke lho, gak pernah bocor samsek.


4. Goon tape (bungkus biru muda)

Diapers ini juga banyak direkomendasiin sama ibu2 di forum. Sama kaya merries n mampok, goon juga berasal dari jepang.

Abis nyoba mampok n pampers , akhirnya memutuskan buat balik ke merries. Waktu suami mau beli dispo, Sempet pesen kalo ada goon atau nepia beli itu aja (emak-emak labil yg penasaran terus, hha)

Eh pas suami ke baby shop ternyata goonnya lagi promo beli satu gratis satu untuk isi 22 pcs dengan harga 40ribuan saja, lupa tepatnya berapa pokoknya under 50ribu. Jadi kalo diitung-itung harga perbungkusnya cuma 20ribuan aja, murah banget donk. Pulanglah suami membawa dua bungkus goon newborn. Katanya mau beli banyak, takut gak cocok.

Penampakan si goon ini mirip-mirip sama mampok, sama-sama gede dan kelihatan bulky, cuma goon lebih tipis dikit dan bahannya lebih elastis mengikuti bentuk tubuh bayi.

Begitu dicoba, performanya oke, sama lah sama merries n mampok. gak bikin rash juga. Sampai ketika bungkus ke dua mau habis, kita memutuskan untuk beli goon lagi, langsung beli 4 bungkus, mumpung masih promo kaan, hehehe.

Lah setelah itu kok tiba-tiba performanya goon gak seoke dulu. Dikit-dikit bocor, baru dipake sejam udah bikin alif basah kuyub kemana-mana. Padahal udah dicek berkali-kali makeinnya pas atau gak. akhirnya malah bikin repot harus dikit-dikit ngecek.


5. Happy baby tape

Happy baby ini merk indonesia punya, direkomendasiin sama kakak ipar. Katanya desainnya mirip sama mampok. Liat di forum juga oke reviewnya.

Kesan pertama desainnya lucu, pas dicoba, yaah ini mah jauh dari mampok. Harus diadjust beberapa kali sampe dirasa pas di badan bayi. Performanya juga labil kadang gak bocor kadang bocor.


6. Sweety pants

Ini juga rekomendasi kakak ipar, anaknya yg ketiga kulitnya sensitif cuma cocok pake mampok biru, tapi pas dicoba sweety kok cocok gak rash.

Pas dicoba di alif ternyata payah banget, gampang bocor. Bahannya juga jelek, kresek-kresek gitu.


7. Fitti pants

Fitti ini merk malaysia punya, beli gara-gara liat review forum mayan oke. Pas dicoba di alif, performanya lumayan oke cuma kalo dipake agak lama ya kadang suka bocor kadang gak. Tapi lebih sering gak bocornya sih. Bahannya masih ada kresek-kreseknya tapi lebih mending daripada sweety. Ketika mau memutuskan fitti ini sebagai dispony alif, eh tau-tau pantatnya alif muncul putih-putih kaya kulit menipis gitu. Batal deh lanjut pake fitti.


8. Pampers tape (premium)

Ya udah ya, saya kagak inget tipe-tipe pampers. Pokoknya beli yang harganya mahalan dari tipe ekonomis, heheh.
Pampers tape ini ada indikator buat pee.nya juga kaya merries punya. Tapi kalo punya pampers gak ngaruh ah.. soalnya pee.nya cuma terpusat di satu titik aja, gak nyebar. Jadi biarpun udah penuh, indikatornya gak bilang penuh-penuh juga.
Pampers ini gak bocor dan gak rash, padahal dulu sering selebor banget makeinnya sampe berjam-jam, hehehe. Cuman pee.nya suka ngerembes sampai ke depan Jadi pampersnya kerasa lembab dan suka bau pesing.


9. Mamy poko standar tape (bungkus kuning)

Mampok standar ini tipe ekonomisnya mampok. Untuk yang tape ini desainnya jauh banget dari yang premium (yaiyalaaah). Jelek banget pokoknya desainnya, kalo masang pun agak ribet harus diadjust beberapa kali sampe dirasa pas.

Tapi untuk performanya mah bagus banget, gak pernah bocor dan gak pernah rash juga. Etapi kalo alif pup, pupnya suka mbleber ke karet pinggirnya sih, tapi gak sampe tembus ke celana kecuali didiemin lama banget pupnya.


10. Mamy poko pants standar (bungkus kuning)

Karena mulai kerepotan make yang tape, akhirnya coba-coba beli yang pants. Desainnya lebih bagus lah dari yang tape, ada gambarnya lucu, haha gak penting.
Bahannya agak kresek-kresek, modelnya mirip-mirip sama fitti n sweety cuman mampok performanya lebih oke lah. Gak pernah bocor, mampok ini jadi dispo yang paling lama dipake alif, ada kali setengah taunan.

Sampe pada suatu ketika alif kena rash di Mr P.nya. Akhirnya balik ke merries dan mamy poko extra dry yang tape lagi. Tiap dipakein mampok pants standar ini langsung alif gatel-gatel lagi.


11.mamy poko pants extra dry (bungkus biru)

Ini tipe barunya mampok, berarti selama ini mampok yang extra dry cuma ada yang tape doank ya.

Beli mampok ini gara2 pas nyari merries good skin gak ada, terus ditawarin mampok pants ini. Mampok pants extra dry ini termasuk tipe ekonomis tapi ekonomis yang agak premium, harganya lebih mahal dari yang tipe standar. Bahannya pun lebih bagus, meskipun masih ada kerasa kresek-kreseknya. Selain itu karet pinggangnya itu lho rapet banget, alif suka garuk-garuk di perutnya kalo pake mampok ini, yang standar juga sih sama aja.

Performanya sih oke tapi sayang alif tetep gak cocok sama tipe pantsnya mampok.


12. Merries good skin pants ( bungkus ijo)

Merries good skin ini tipe ekonomisnya merries. Tapi harganya masih di atas tipe ekonomis merk lain, mirip mampok extra dry yang pants itu lah.

Dulu waktu beli kirain ini tipe pantsnya merries yang premium. Terus liat harga promonya di supermarket murah banget, langsung beli deh. Eh pas ke baby shop ternyata harga gak promonya sama ajaaa. Dan baru tau kalo good skin ini tipe ekonomisnya merries dari forum. Banyak yang jatuh cinta sama good skin ini, begitu juga saya.

Performanya oke, bahannya pun lembut banget, gak ada kresek-kreseknya samsek. Karet pinggangnya juga elastis gak terlalu ketat di badan bayi. Harganya juga masih masuk di kantong. Dan yang penting rashnya alif gak balik lagi setelah pake ini.
Awalnya dulu good skin cuma buat selingan kalo pake dispo kurang dari 4 jam, kalo dispo yang buat waktu lama pake merries tape. Sekarang pake merries good skin terus all day. Heheh.

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. akhirnya pake merries ya mer? kal rsya pake dispo promo,,hehehehe, alhamdulillah ga pernah rash..tapi skrg udah mulai toilet trainning sik...

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Makasih yah mom atas review nya. Baby Raline [2,5 months] pake MamyPoko Extradry tape, Goon SpeedDry, Pampers PremiumCare. Cuma kmrn lewat Alfamart, lagi promo Merries GoodSkin pants S 26 cuma Rp.34.900. Cobain deh... lumayan kok, bahannya lembut, dipakeinnya pas banget di Raline dan walau pee nya bnyak, permukaan tetep kering. Hehee...skr keknya pake Goon SpeedDry, MamyPoko ExtraDry and Merries GoodSkin deh...mana yg lagi promo itu yg masuk trolly hahhaaa...

    BalasHapus
  5. Dulu aku pake merries sama swetty mom, tapi malah nimbulin ruam gtu.jadi aku stop sama merek itu. sekarang pake merek Pokana dan cocok bgt buat keysa dia nyaman banget.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p