Jumat, 25 September 2015

lumpia/loenpia semarang yang halal, lumpia/loenpia mbak lien


Gak bakat jadi food blogger, jadi maklumin aja gambarnya di bawah rata-rata



Akhirnya bisa juga saya nyobain lumpia semarang, meskipun nyobainnya di Malang tapi yang penting kan lumpianya terbang langsung dari semarang, haha.


Suami saya kebetulan habis dinas dari semarang, jadi saya request buat bawain lumpia barang sebiji dua biji pun tak apa-apa, pokoknya saya harus pernah ngerasain yang namanya lumpia semarang yang terkenal itu.


Akhirnya kemaren malam datanglah dia membawa satu besek berisi 6 buah lumpia mbak lien. Kenapa memilih lumpia mbak lien? Karena banyak yang merekomendasikannya sebagai salah satu lumpia lezat di Semarang yang halal.


Lumpia mbak lien sendiri berlokasi di gang grajen, jalan pemuda, kalau dari tugu muda,
jalan yang persis di sebelah museum kereta indonesia atau yang lebih terkenal dengan lawang sewu atau jalan menuju gereja blenduk. Lumpia mbak lien juga membuka cabang di jalan pandanaran di seberang bandeng juwana, jalan pandanaran ini adalah jalan yang menghubungkan antara tugu muda dan simpang lima. Waktu itu suami memilih untuk membeli lumpia mbak lien yang berada di jalan pemuda karena lebin dekat dengan hotel tempatnya menginap, quest hotel. Katanya sih naik becak cukup bayar 20 ribu pulang pergi.


Saya kurang tau harga pasti per biji lumpia mbak lien berapa, yang jelas kata suami, dia harus membayar 70 ribu untuk 6 buah lumpia yang terdiri dari satu lumpia goreng isi ayam, dua lumpia basah isi ayam, satu lumpia goreng isi udang dan dua lumpia basah isi udang.


Pertama kali yang saya cobain saat itu adalah lumpia basah isi ayam, dan eng ing eng rasanya gak uenak, hoek. Aneh gitu, ada bau rebung yang nyengat banget.


Masih belum kapok, keesokan harinya saya coba menggoreng semua lumpianya termasuk lumpia basahnya juga saya goreng kering. Dan ternyata memang lebih enak lumpia versi goreng. Yaah meski pun lumpia isi ayamnya masih tetep kerasa aneh di lidah saya.


Menurut saya, lebih enak lumpia isi udangnya, enak banget! Manis-manis gurih, rebungnya gak terlalu nyengat. Tapi enaknya kalau makan cuma sebiji aja, kalau lebih dari itu enaknya berubah jadi eneg, wkwk.


Ukuran lumpia mbak lien ini memang gede banget dengan isian yang full, kayaknya semua lumpia semarang memang ciri khasnya ukuran yang gede dan isian yang full ya? Makan satu aja udah ngenyangin.


Tambah enak kalau dicocol dengan saus tauconya. Saus tauco lumpia mbak lien rasanya juga pas, gak kemanisan. Cocok disandingkan dengan lumpia goreng yang kres kres kres. Hmm yummy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p