Rabu, 06 April 2016

Blografi : Momaliza, tetap produktif dengan 6 orang anak

Assalamu'alaikum,



"Kapan mau nambah anak lagi?"


"Gak pengen ngasi adek buat alif?"


Semakin bertambah umur Alif, berbanding lurus dengan semakin banyaknya pertanyaannya kapan saya mau menambah momongan lagi?


Bukannya gak mau, tapi saya memang sengaja menunda untuk memberikan adik bagi Alif. Karena mengurus satu anak saja bagi saya saat ini, rasanya warbiyasak kewalahan. Menguras energi dan emosi, (dan money :D) kak inces lelah!


Padahal baru juga anak satu, gimana kalau enam?


Gak sanggup!


Mau punya anak dua atau tiga aja maju mundur syantik, apalagi enam, Enam gaes! Satu hari buat satu anak, satu harinya lagi buat suami.. muka saya pasti bakal kaya playdoh yang abis dibejek-bejek, tak beraturan!


Tapi ternyata hari gini, masih ada lho yang punya anak enam. Jangan bayangin emak-emak punya anak banyak, pake daster klombroh-klombroh, anaknya umbelen, belepotan tanah, gak keurus, dibiarin kesana kemari gak pake baju!


Bukan! Tapi ini ibu dengan enam anak, yang aktif menulis buku dan blog. Isi blognya pun berisi tentang tips-tips parenting yang bikin kita teriya-iya, hehehe maksudnya ketika membaca tipsnya, seketika kita bakal bergumam, oh iya juga ya!


Adem banget deh, baca tulisannya soal parenting. Gak menggurui atau sok berpengalaman mentang-mentang punya anak banyak. Gak nyangka bahwa ibu 6 anak pun bisa sedemikian produktif, kalah telak saya! *jiwa emak kompetitif muncul wekeke*


Eh, dari tadi ngomong ibu dengan 6 anak tapi gak nyebutin siapa orangnya, hehehe maklum, masih takjub mengetahui fakta bahwa ibu satu ini punya banyak anak, dan tetap cantik plus aktif.


Ibu hebat tersebut adalah mbak Liza P Arjanto pemilik blog Momaliza. Anak ke enamnya hadir ketika usianya menginjak angka 38 tahun. Kalau saya gak ngubek-ngubek facebooknya, saya gak bakal menyangka kalau usianya hampir menginjak kepala empat, awet muda banget.




Gak keliatan ada tanda-tanda tekanan batin gitu karena mengurus enam orang anak. Njomplang banget sama saya, yang anak satu tapi dramanya kayak punya anak selusin, haha.


Sebelum menulis blog, mbak Liza sebenarnya lebih dulu aktif menulis cerpen-cerpen dan artikel yang banyak dimuat di beberapa media ternama Indonesia, cerpen lho ini, cerita fiksi, pastinya lebih butuh inspirasi lebih lebih. Kereen gak sih, disela-sela ngurus anak-anak masih sempet hunting inspirasi buat cerpen.


Karya-karya fiksi dan media lainnya juga bisa dilihat di blognya lho. Kalau kalian membayangkan fiksi ala emak-emak serius yang berat, kalian salah! Banyak karyanya yang ringan dan gahol, gak bakal nyangka kalau ditulis oleh ibu dengan enam anak, gak ada kesan kolot sama sekali. Beberapa karyanya bahkan dimuat di majalah Gadis, weee Gadis cyiin, peace love and gaul, eh itu acara tv sebelah ya, wkwkwk.


Sebagai ibu muda penuh drama, saya pribadi sih lebih suka baca cerita parentingnya. Tau lah ya, anak satu aja ribet, lha ini enam. Fyi, suaminya pernah mengalami kelumpuhan sementara karena kekurangan kalium, salah satu anaknya mengalami speech delay, dan yang paling saya banget adalah anaknya ada yang penakut. Sama kaya Alif, tepatnya waspada sama hal baru sih.


Penuh warna banget ya hidupnya mbak Liza?



Saya penasaran banget lho sama cerita suka duka mengurus enam anak, sayangnya masih dikit nih postingan mbak Liza soal parenting, banyakin donk mbak tips pengasuhannya sama tips tetap waras ketika mengasuh anak.


Eh postingan saya kali ini lebay banget gak sih? Promosi abis gitu? Kayaknya iya ya, hehehe, tapi emang saya akhir-akhir ini lagi bertranformasi jadi momster wanna be, sering stres ngurus Alif yang mulai ceriwis dan banyak tingkah. Begitu buka bio di blognya mbak Liza, saya merasa ketampar aja.. ini lho ada ibu enam anak, tapi tetep keren, lha saya anak satu aja, ngeluh gak abis-abis.


Pokoknya, mbak Liza keren banget deh! Kalau kamu kangen pengen baca cerpen ala gadis atau Femina, sok lah langsung melipir ke blog Momaliza. Kalau kamu butuh pencerahan soal mengurus anak, di blognya mbak Liza juga ada. Selain dua topik tersebut ada juga postingan tentang kisah inspiratif yang bakal bikin kita merasa lebih bersyukur.


Saran saya untuk mbak Liza, tampilan blognya dibuat lebih menarik lagi ya mbak? Hehehe Saya tunggu cerita jatuh bangun mengurus anak lainnya.

7 komentar:

  1. Mba Liza keren pisan yaaa? Bisa menyeimbangkan antara parenting dan berkarya di media cetak dan media virtual pula. Wow, kudu belajar nih sama blio. :)

    BalasHapus
  2. Hi mbak Meriska! pertanyaan seperti diatas bikin hati jadi agak risih ya kalau sudah menikah pertanyaannya pasti "udah isi belum? atau kapan mau nambah?" hampir sama dengan orang yang belum menikah selalu ditanya kapan nikah huft.

    BalasHapus
  3. enam anak??? pingsan . Aku malah belum nulis nih, jadi keingetan. mlipir dulu ah

    BalasHapus
  4. Hihihi... jadi tersapu-sapu saya bacanya....
    Trims mbak Meriska

    BalasHapus
  5. Hihihi... jadi tersapu-sapu saya bacanya....
    Trims mbak Meriska

    BalasHapus
  6. omg, ngelus dada aja lah... aku salut, tapiiii tetep aja ga bakal mau seperti itu mbak :D.. bisa dibilang aku juga ga terlalu suka anak2 sebenernya.. ini kenapa mau punya anak, itu krn paksaan suami dan mertua.. dan janji2 manis suami kalo aku mw melahirkan anak kedua ;D .. mungkin kalo memang pada dasarnya penyayang anak, ga masalah kali ya punya anak seberapa bnyk juga.. krn memang suka.. tapi kalo aku disuruh bgitu, hihihi, maap deh.. untung pabriknya udh ditutup rapat ;D

    BalasHapus
  7. ahh, emang sosok yang menginspirasi banget, keren abis niy Mba Liza.
    saluut..luar biasa disamping mengasuh ke enam buah hatinya, masih aja produktif!

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p